Panduan Membuat Blog Dengan Baik Dan Sukses - IRD Blogging

Sunday, May 7, 2017

Panduan Membuat Blog Dengan Baik Dan Sukses

Hampir setiap hari, selalu ada pengguna baru dari blogger, baik yang ingin sukses maupun yang hanya ingin bermain-main. Pastinya selalu ada blogger baru yang terlahir tiap harinya. Maka dari itu secara pribadi saya mengajak Anda sukses dengan blog. Membuat blog itu mudah namun prosesnya yang terkadang kita harus berpikir keras untuk menyelesaikannya.

Saya membuat blog karena saya ingin sukses dengan hobi saya sebagai seorang penulis. Setelah dari menulis cerpen, kemudian novel, sekarang blog. Hal yang menakjubkan adalah pekerjaan yang saya senangi menjadi kesuksesan saya.

Maka dari itu marilah membuat blog, menyalurkan hobi Anda kemudian menjadikannya sebagai keuntungan. Saya akan membagikan kepada Anda panduan membuat blog yang benar dan baik, maka pelajarilah artikel ini.
Sebelum Membuat Blog Tentukan Hal Berikut Ini
Dalam membuat blog ada beberapa yang mesti Anda perlu ketahui sebelum benar-benar membuat blog.

1. Tujuan Anda
2. Topik Anda
3. Platfrom blog Anda
4. Strategi Anda

Dari 4 poin tersebut, Anda mesti memikirkan jawaban untuk masing-masing poin. Agar supaya Anda dapat membuat blog Anda dengan baik kemudian sukses. Memang sebagian blogger menjelaskan bahwa membuat blog itu mudah, langsung menuju ke Blogger.com

Tapi tidak sesederhana itu, untuk sukses dengan blog. Anda mesti memulainya dengan baik dan benar jika Anda ingin sukses.
  • Tentukan Tujuan Blog Anda
Dari sekian banyaknya macam kesuksesan, pastinya diawali dengan tujuan yang baik, lalu apa tujuan itu? Karena uang! Ketenaran! Menyalurkan perasaan! Berbagi informasi! Atau lain sebagainya. Semuanya itu benar, tergantung dari Anda bagaimana memilih tujuan Anda sendiri.

Tujuan bukan hal sepele yang mesti dianggap remeh, karena ketika Anda telah menemukan tujuan Anda berarti kesuksesan akan datang bersama Anda. Pastinya dengan syarat tertentu.
  • Tentukan Topik Blog Anda
Dari sekian banyak blogger lahir tiap harinya, maka akan sulit untuk Anda bersaing dengan mereka yang telah sukses. Namun Anda dapat bersaing dengan mereka jika Anda melakukan yang terbaik untuk pembaca Anda.

Tentukan topik atau niche blog Anda, topik blog Anda adalah dasar dari suksesnya konten blog Anda. Jangan terlalu terburu-buru dengan tujuan Anda. Bersabarlah. Karena Anda akan tetap memulai lagi tulisan baru tiap harinya.

Untuk menentukan topik atau niche blog Anda, pada umumnya blogger sukses memberikan saran untuk memulainya dengan mengetahui apa minat, hobi, keahlian dan bakat Anda?

Contoh, jika Anda senang bermain games maka niche blog yang pantas untuk Anda adalah "Game" atau jika Anda sering membaca spesifikasi gadget maka niche blog yang pantas untuk Anda adalah "Teknologi" itulah yang dimaksud dengan topik atau niche sebuah blog.

Anda tidak perlu memaksa diri Anda untuk menggunakan topik blog yang diluar kemampuan Anda. Contoh, Anda hobi dalam seni melipat kertas namun Anda memilih untuk menyalahi hobi Anda dengan seni otak-atik mesin karena sebuah traffic yang selalu meningkat. Maka ada 2 hal yang akan Anda dapatkan di kemudian hari.

1. Berpikir keras karena menyalahi hobi Anda
2. Kegagalan karena menyalahi hobi Anda

Jangan pernah menganggap remeh minat, hobi, keahlian dan bakat Anda walau itu hal sepele menurut Anda dan orang banyak
  •  Tentukan Platfrom Untuk Blog Anda
Platfrom adalah sebuah layanan yang menyediakan fasilitas untuk membuat blog atau blogging. Ada banyak platfrom untuk membuat sebuah blog namun dari yang saya ketahui ada 2 platfrom paling populer hingga sekarang adalah wordpress dan blogger. Menyediakan layanan gratis untuk membuat blog. Namun dengan ketentuan masing-masing platfrom.

Anda bebas memilih, namun perlu saya beritahukan bahwa saya menggunakan blogger untuk blog saya.
  • Tentukan Strategi Blog Anda
Hampir semua blogger sukses seluruh dunia menyarankan untuk blogger pemula harus memiliki target untuk blog mereka, baik itu target bulanan maupun tahunan. Namun disinilah hal sulitnya nanti ketika Anda berproses menjadi blogger pro dan sukses.

Strategi akan menentukan Anda bagaimana kedepannya blog Anda, dari strategi tersebut Anda dapat mengukur bagaimana kinerja Anda selama ini dalam mengelolah blog. Maka dari itu tentukan strategi blog Anda, mulai dari sekarang.

Contoh target bulanan untuk Anda. Kunjungi, Blogger Sukses Itu Percaya Diri

Untuk memudahkan Anda, menguraikan 4 poin tersebut ambillah kertas selembar untuk menuliskan apa tujuan Anda, topik Anda, Platfrom Anda, Strategi Anda.

Ketika Anda telah menyelesaikan 4 poin tersebut selanjutnya Anda beralih pada blogger, untuk membuat sebuah blog, membuat kesuksesan dari hobi Anda.

Kunjungi, http://Blogger.com. Kemudian Anda akan diarahkan untuk memasukkan sebuah akun Google Anda. Namun jika Anda belum membuat sebuah akun Google, maka kunjungi, http://Gmail.com untuk membuat akun Google Anda.
Beginilah Tampilan Jika Anda Ingin Membuat Blog Untuk Pertama Kali
Gambar yang Anda lihat tersebut adalah tampilan awal jika Anda ingin membuat sebuah blog, Tampilan sekarang lebih mudah untuk memahaminya bagi pemula ketimbang tampilan sebelumnya.

Setelah itu, Buat Blog Baru Anda.
Tampilan Jika Anda Ingin Memberikan Nama Pada Blog Anda
Tampilan tersebut adalah awal dari kesuksesan Anda pada blog. Anda mesti memperhatikan ada judul, alamat dan tema yang mesti selesaikan.

Tips berikut ini adalah cara yang baik dan benar dalam membuat blog untuk kesuksesan Anda.
  • Judul Blog
Seperti yang saya jelaskan diawal artikel "Panduan Membuat Blog Dengan Baik Dan Sukses" Menentukan topik atau niche blog Anda. Seperti contoh sebelumnya jika Anda seorang yang suka membaca spesifikasi gadget maka topik atau niche blog untuk blog Anda adalah "Teknologi".

Untuk membuat judul blog yang baik dan benar untuk kesuksesan Anda, gunakan nama dari topik atau niche blog Anda. Gunakan nama tersebut dengan unik dan pembaca Anda mudah untuk mengingatnya.

Contoh judul blog untuk teknologi,

1. Copy Teknologi
2. Story Teknologi
3. Spesifikasi Tech

Anda bebas membuat sebuah nama blog, asalkan sesuai dengan topik atau niche blog Anda. 
  • Alamat Blog
Alamat blog terbagi akan 2 gaya

1. Gratis 
2. Berbayar

Anda punya cukup banyak uang maka saya menyarankan untuk menggunakan berbayar. Namun, untuk Anda yang masih pemula saya menyarankan untuk menggunakan gratisan saja. Inilah yang disebut dengan domain.

Dari judul blog Anda, dapat gunakan sebagai alamat blog Anda. Namun ketika blogger mengidentifikasi dan tidak dapat dijadikan nama blog atau ada yang telah menggunakannya lebih dulu gunakan nama alamat yang baru dan unik untuk blog Anda.

Contoh alamat blog untuk teknologi,

- Versi Berbayar
  • CopyTech.com
  • StoryTech.id
  • SpesifikasiTech.net, ada banyak nama domain berbayar tergantung Anda untuk memilih yang mana diantaranya.
- Versi Gratis
  • CopyTech.blogspot.com
  • StoryTech.blogspot.com
  • SpesifikasiTech.blogspot.com
Anda bebas menggunakan alamat blog asalkan sesuai dengan topik atau niche blog Anda.
  • Tema
Ini mudah saja, Anda diarahkan untuk memilih sebuah tema untuk tampilan blog Anda ketika Anda membagikannya kepada pembaca Anda.
Ada tiga pilihan dari tema blog

1. Tema default blogger
2. Tema pihak ketiga gratis
3. Tema pihak ketiga berbayar

Anda bebas memilihnya untuk menentukan tampilan blog Anda. Ketika semuanya telah selesai dengan baik maka langkah terakhirnya adalah Buat Blog!.

Lalu yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah membuat sebuah tulisan yang baik dan berkualitas untuk blog Anda. Dalam membuat sebuah tulisan yang baik dan berkualitas ada beberapa yang mesti Anda lakukan.

No comments:

Post a Comment