Blog Anda Sepi? Inilah Solusinya, Panduan Menulis Artikel Blog Dari Blogguebo.com - IRD Blogging

Sunday, April 9, 2017

Blog Anda Sepi? Inilah Solusinya, Panduan Menulis Artikel Blog Dari Blogguebo.com

Saya pernah berpikir kenapa blog ini sepi dengan komentar dan pengunjung. Pembaca blog saya tiap harinya kurang lebih 10 pembaca dengan tidak ada komentar yang ditinggalkan. Aku tidak tahu kenapa? Namun setelah saya membaca tulisan yang berjudul Blog Writing Guide: Kunci Panduan Menulis Artikel Blog Yang Pasti Dibaca (dan layak dibagikan). Akhirnya saya mengerti apa yang bermasalah dalam blog saya.
Seperti dalam artikel Blogguebo.com, mari Anda bayangkan skenario berikut ini.
---
Anda telah menulis artikel di blog Anda setiap hari. Anda juga telah menulis beberapa artikel pilar berkualitas. Mestinya, dengan artikel-artikel yang telah Anda tulis, blog Anda akan banyak dikunjungi dan dibaca. Artikel-artikel Anda juga akan dikomentari dan dibagikan di media sosial. Namun, faktanya, pengunjung blog Anda belum juga meningkat. Malah, rasanya, tidak ada seorang pun yang tertarik dan membaca artikel-artikel yang Anda tulis. Tidak ada komentar yang ditinggalkan, tidak ada artikel yang dibagikan, tidak ada link yang ditautkan ke artikel Anda. Blog Anda sepi dan Anda merasa gagal di dunia blogging.
---
Lalu jawabannya. Anda tidak sendirian mengalami masalah blog tersebut. Banyak sebelum Anda telah mengalaminya dan berhasil melewatinya, sama halnya dengan saya dahulu. Di tahun 2013, memulai sebuah blog dan terulang kembali di tahun 2017 ini. Anda hanya perlu tekun menulis dan membaca artikel blogger pro untuk menemukan solusinya.

Artikel viral BuzzFeed.com bukanlah keberuntungan
BuzzFeed.com dikenal sebagai salah satu pionir viral content marketing terkemuka di dunia. Selalu ada artikel yang menghasilkan konten-konten yang berkualitas, Bahkan banyak dibagikan di media sosial. Namun artikel tersebut bukan karena keberuntungan hingga bisa menjadi artikel berkualitas yang banyak dibagikan di sosial media. Lalu karena apa? Jawabannya, ada strategi, riset dan persiapan matang yang memang membutuhkan waktu lama untuk menghasilkan sebuah artikel viral berkualitas dan BuzzFeed.com melakukan semua itu dengan serius dan profesional.

Artikel berkualitas menurut Ahava Leibtag
Seorang content strategist dan pemilik AHA Media Group yang berbasis di Washington, DC, menyatakan bahwa setidaknya ada 5 ciri agar sebuah artikel bisa disebut berkualitas dan layak dibaikan.
1. Mudah dicari
2. Mudah dibaca
3. Mudah dipahami
4. Mudah dilakukan
5. Mudah dibagikan

Lalu bagaimana menulis artikel berkualitas dan layak dibagikan untuk pembaca? 
  • Tentukan tujuan artikel yang akan Anda tulis
Anda mesti mengetahui artikel yang Anda tulis itu tujuan akhirnya akan kemana? Contoh, seperti Anda sedang berkuliah tujuan akhir kuliah Anda ialah wisudah. Sama halnya dengan artikel berkualitas yang akan Anda tulis.

Tujuan akhirnya agar pembaca Anda bertambah, membeli produk Anda, berkerja pada Anda, atau menjadi pelanggan Anda, dan lainnya. Anda bebas untuk menentukan tujuan akhir Anda pada artikel Anda.
  • Pahami yang diinginkan oleh pembaca Anda
Setelah Anda menemukan tujuan dari tulisan Anda. Selanjutnya pahami pembaca blog Anda jika belum punya pembaca blog Anda mesti memikirkan hal yang menarik untuk dibaca sebelum Anda membagikannya ke media sosial.

Untuk mengetahui tentang pembaca Anda, ada beberapa yang saya merekomendasikan untuk Anda yang pemula dalam menganalisa pembaca blog, ini gratis tinggal Anda perlu mempelajarinya lebih lanjut saja. Beberapa tools yang saya merekomendasikan untuk Anda.
1. Google Analytics
2. Google Keyword Planner
3. Komentar pada blog Anda

Jika Anda telah mempelajari tools tersebut, tinggal Anda memperbaharui dengan blog Anda.
  • Saatnya memulai untuk menulis
Setelah Anda menentukan tujuan untuk artikel Anda, kemudian menganalisa keinginan pembaca Anda, selanjutnya dengan Anda mesti bertindak untuk memulai menulis artikel.
Anda mesti memahami struktur berikut ini : Judul Artikel > Isi Artikel > Penutup Artikel.

Sebelumnya Anda menulis, Anda mesti menggunakan kata yang tepat untuk judul artikel Anda, kenapa? Karena pembaca Anda tidak akan langsung membaca isi blog Anda. Namun, yang pertama mereka baca adalah judul artikel blog Anda. Jadi, Anda mesti membuat judul artikel yang menarik, judul artikel yang penasaran, judul artikel yang unik, yang membuat pembaca Anda untuk membaca isi dari artikel Anda.

Anda tidak perlu khawatir, ketika Anda telah menyelesaikan setiap langkah untuk menulis artikel yang layak untuk dibagikan. Anda akan mudah untuk mengisi artikel Anda.

Pada artikel ini Anda mesti, menggaris bawahi berikut ini.
1. Tentukan tujuan artikel Anda
2. Pelajari pembaca Anda
3. Mulailah untuk menulis
4. Perhatikan judul artikel Anda
5. Tekuni dengan serius
6. Jangan lupa untuk membagikan artikel Anda.

---
Anda jangan bosan untuk menulis dan membaca artikel blogger pro, jika Anda ingin sukses dengan tulisan Anda. Lakukan dengan bangga, lakukan hal yang membuat Anda senang hingga Anda tidak bosan untuk melakukannya. Begitu pula dengan menulis di blog Anda.

Anda dapat membaca artikel lengkapnya di Blogguebo.com artikel ini penggalan untuk pemula dalam dunia blogging.

No comments:

Post a Comment